Cara Screenshot di Laptop Paling Mudah
Read Time:3 Minute, 49 Second

Cara Screenshot di Laptop Paling Mudah

0 0

Bagi kamu yang bekerja atau sedang kuliah menggunakan laptop atau komputer, maka kamu akan sering menggunakan fitur screenshot layar untuk berbagai keperluan. Salah satu keperluan yang paling sering menggunakan screenshot adalah seperti kamu sedang mengumpulkan bahan presentasi atau sekedar membagikan tangkapan layar ke teman atau rekan kerja.

Fitur screenshot sendiri sebenarnya sudah menjadi fitur bawaan laptop atau komputer baik yang menggunakan OS Windows maupun MAC OS. Namun, terkadang usai menekan tombol screenshot, kamu kesulitan mencari folder dimana hasil screenshot tersebut tersimpan.

Walaupun sebenarnya sangat mudah, namun nyatanya masih banyak yang tidak mengetahui cara screenshot di laptop. Tanpa basa-basi lagi, berikut cara screenshot di laptop:

Cara screenshot di Windows

Bagi kamu yang menggunakan laptop atau komputer dengan OS Windows XP, 7, 8, 10, 11, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini untuk melakukan screenshot:

Screenshot di Laptop dengan tombol PrintScreen (PrtSc)

Cara termudah untuk melakukan screenshot adalah dengan menekan tombol PrintScreen (PrtSc) di keyboard yang bisa kamu temukan di bagian atas kanan pada keyboard kamu. Setelah menekan tombol PrtSc, bukalah aplikasi Paint bawaan Windows lalu tekan menu paste atau ctrl+v.

Setelah kamu menekan paste, hasil screenshot tadi akan langsung terlihat di aplikasi Paint dan kamu bisa menyimpan foto screenshot tadi di folder yang kamu inginkan dan jangan lupa pilih format gambar yang kamu inginkan, seperti PNG, JPG, dll.

Selain aplikasi Paint, kamu juga bisa menggunakan Microsoft Word untuk melihat hasil screenshot tersebut. Namun menurut penulis sendiri, menggunakan Paint lebih efisien dan mudah.

Screenshot di Laptop dengan Snipping Tool

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk screenshot di laptop adalah menggunakan aplikasi bawaan Windows yakni Snipping Tool. Untuk membuka aplikasi ini, kamu hanya perlu membuka menu search, dan mencari Snipping Tool.

Setelah aplikasi terbuka, pilih menu new dan tentukan area screenshot yang kamu inginkan. Setelah itu kamu bisa menyimpan hasil screenshot tersebut.

Screenshot di Laptop dengan Snip & Sketch

Tidak jauh berbeda dengan Snipping Tool. Snip & Sketch juga menggunakan metode yang sama dengan snipping tool untuk menangkap tampilan layar. Untuk menggunakan Snip & Sketch, kamu hanya perlu menekan tombol Windows + Shift + S. Setelah kamu menekan shortcut tersebut, maka kamu tinggal memilih area yang ingin di screenshot.

Bagian layar yang terekam akan di simpan di clipboard, dan kamu bisa mengeditnya lewat aplikasi snipping tool dan biasanya akan ada notifikasi tangkapan layar di bawah kanan layar kamu.

Screenshot di Laptop dengan Shortcut Windows + G

Selain ketiga cara di atas, kamu juga bisa melakukan screenshot di laptop atau komputer dengan menekan tombol Windows + G yang akan memunculkan tampilan game bar.

Nah dari tampilan game bar tersebut, kamu bisa memilih fitur capture untuk screenshot layar laptop. Perlu kamu ketahui, bahwa fitur game bar ini juga bisa kamu gunakan untuk livestreaming bermain game.

Setelah kamu meng-capture layar, kamu bisa menemukan foto screenshot tadi di gallery dengan cara menekan Open File Location yang ada di pojok kanan bawah.

Screenshot di Laptop dengan Lightshot

Cara screenshot di laptop ini menggunakan aplikasi pihak ketiga Lightshot yang bisa kamu unduh di internet lewat link berikut https://app.prntscr.com/en/index.html.

Selain bisa digunakan pada OS Windows, Lightshot juga bisa digunakan di MAC OS. Selain gratis, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan. Dan salah satu fitur unggulannya adalah saat kamu melakukan screenshot, kamu bisa memilih untuk menyimpan foto tersebut di laptop atau komputer kamu. Kamu bisa mengunduh foto tadi ke cloud Lightshot dan kamu akan mendapatkan sebuah link dimana foto tadi tersimpan.

Beberapa aplikasi selain Lightshot yang kami rekomendasikan adalah Screenrec, Greenshot, dan ShareX. Selain tools di atas, sebenarnya masih banyak lagi tools lainnya.

Cara Screenshot di Mac OS

Bagi kamu yang menggunakan laptop MacBook atau komputer Apple yang menggunakan Mac OS, cara melakukan screenshot tentunya berbeda dengan yang biasanya digunakan di OS Windows. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena cara screenshot di MacBook juga tidak terlalu sulit. Berikut caranya:

Screenshot dengan Shift + Command + 3

Bagi kamu yang ingin screenshot seluruh layar MacBook, kamu bisa menggunakan shortcut Shift + Command + 3. Setelah itu, kamu bisa mengedit hasil screenshot tadi lewat notifikasi yang muncul di sudut layar MacBook.

Screenshot dengan Shift + Command + 4

Seperti halnya snipping tool, menggunakan shortcut Shift + Command + 4 juga akan memunculkan tampilan yang mengharuskan kamu memilih area tangkapan layar yang kamu inginkan.


Akhir kata

Cara-cara di atas bisa kamu gunakan untuk screenshot di laptop maupun komputer dengan OS Windows dan Mac OS. Semua cara screenshot di atas sebenarnya sudah sangat umum. Namun artikel ini tetaplah bertujuan untuk memberikan kamu informasi bagi kamu yang belum mengetahui cara screenshot di laptop atau komputer.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa memilih cara screenshot yang menurut kamu paling nyaman ya!

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nonton tv online gratis Previous post Cara Nonton TV Online Gratis
aplikasi dating Next post Aplikasi Cari Jodoh di Sekitar Lokasi Teratas Gratis